Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Perhatikan Nasib Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juni 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan bahwa pemerintah tetap memperhatikan nasib sektor pariwisata meskipun di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Tetap diperhatikan oleh pemerintah. Buktinya pada 29 Mei 2020 lalu telah dilaksanakan rapat koordinasi secara nasional melalui sarana video conference yang membahas isu pariwisata terutama penerapan protokol keselamatan, keamanan dan kesehatan di destinasi wisata," kata Guntur kepada Borneonews pada Jumat, 5 Juni 2020.

Guntur menuturkan, rapat tersebut dipimpin oleh Plt Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Rapat juga diikuti secara virtual oleh perwakilan dari Kementerian Parekraf atau Baparekraf, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi dan UKM.

Kemudian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Sekretariat Kabinet, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, Gugus Tugas, BNPB dan Asosiasi seperti KADIN, APINDO, GIPI, PHRI, ATVSI, dan ATVNI.

"Rapat tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti Ratas Presiden 28 Mei 2020 yang membahas isu pariwisata terutama penerapan protokol keselamatan, keamanan, dan kesehatan di destinasi wisata," ungkapnya.

Poin-poin yang dibahas dalam rapat tersebut, tambah Guntur, salah satunya terkait Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Kebijakan Strategis menyampaikan telah menyusun draft protokol umum mengenai kebersihan, kesehatan dan keselamatan untuk pelaku usaha, pekerja serta pengunjung.

"Jika protokol telah ditetapkan, maka dibutuhkan beberapa tahapan sebelum usaha dapat dibuka, seperti sosialisasi, simulasi dan uji coba penerapan protokol. Itu salah satu poin rapatnya," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru