Pekerja Sektor Perikanan Juga Perlu Mendapat Bantuan Terdampak Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Juni 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sektor perikanan di Kabupaten Kotawaringin Barat turut terdampak pandemi covid-19. Untuk itu, pekerja di sektor ini perlu mendapat perhatian dan bantuan sosial.

Demikian disampaikan anggota DPR RI Komisi IV, Bambang Purwanto saat penyerahan bantuan produk olahan hasil perikanan dalam rangka perluasan progrma Gemar Ikan, di halaman Kantor Bupati Kobar, Jumat, 5 Juni 2020.

"Pemeritah juga harus memberikan perhatian pada pekerja perikanan. Karena kelompok ini juga rentan terdampak akibat pandemi covid-19," kata legislator Dapil Kalteng itu.

Bambang Purwanto menjelaskan, kelompok pekerja perikanan tersebut seperti awak kapal perikanan, buruh di pelabuhan perikanaan maupun unit pengolahan ikan.

"Kami akan duduk bersama pemerintah daerah memikirkan kelanjutan para petani dan nelayan ini," sambungnya.

Lanjutnya, sebagai pekerja informal, mereka tidak mendapatkan gaji bulanan, tetapi sistem bagi hasil atau borongan. Dan jika kondisi berkurang atau terhentinya kegiatan produksi di sentra perikanan, tentu berpengaruh besar terhadap pendapatan.

"Kita berharap wabah ini bisa diatasi dengan bijak, sehingga perekonomian masyarakat tetap berjalan dengan baik," tandasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru