Kemenparekraf Tentukan 7 Subsektor Prioritas Dibuka Kembali di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juni 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan pemerintah pusat telah menentukan 7 subsektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan diprioritaskan untuk dibuka secara bertahap di tengah pandemi covid-19. Hal itu menyesuaikan kondisi dan daerah masing-masing.

"Ini termuat dalam rapat secara nasional. Hasilnya, Kemenparekraf memutuskan ada 7 subsektor yang secara bertahap dibuka kembalu," kata Guntur, Jumat, 5 Juni 2020.

Dibukanya 7 subsektor ini tetap dibarengi dengan penerapan protokol keselamatan, keamanan, dan kesehatan di destinasi wisata.

"Yang bisa dibuka kembali itu antara lain penyediaan akomodasi, jasa makanan dan minuman, daya tarik wisata, usaha fasilitas seni, jasa perjalanan wisata, usaha peliputan televisi, serta yang ketujuh itu produksi film, televisi, dan iklan," jelas Guntur..

Poin-poin yang dibahas dalam rapat tersebut salah satunya juga Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Kebijakan Strategis menyampaikan telah menyusun draf protokol umum mengenai kebersihan, kesehatan, dan keselamatan untuk pelaku usaha, pekerja, dan pengunjung.

"Jika protokol telah ditetapkan, maka dibutuhkan beberapa tahapan sebelum 7 subsektor usaha tersebut dapat dibuka kembali. Seperti sosialisasi, simulasi, dan uji coba penerapan protokol. Itu salah satu poin rapatnya," terang Guntur. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru