Pencegahan Karhutla di Tengah Pandemi Covid-19 Penting Dilakukan

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Juni 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan. upaya pencegahan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sangat penting dilakukan. Apalagi di tengah pandemi covid-19 ini. 

"Berkaitan dengan ancaman karhutla, tentunya tugas kita akan semakin berat karena dampak yang ditimbulkan penyakit saluran pernapasan. Ada risiko lebih dalam penanganannya," kata Ahmadi, Jumat, 5 Juni 2020.

Menurutnya, pandemi covid-19 dengan bencana asap sangat berkaitan dan rentan menimbulkan penyakit. Sebab, efek yang ditimbulkan keduanya sama-sama mengganggu fungsi pernapasan atau paru-paru.

"Sehingga pencegahan bencana karhutla ini penting, mengingat wilayah Kalimantan Tengah termasuk Kabupaten Sukamara sebagian besar masih memiliki lahan gambut yang mudah terbakar," ujarnya.

Ahmadi melanjutkan, upaya pencegahan yang pihaknya lakukan seperti sosialisasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat.

"Kita akan melakukan sosialisasi hingga tingkatan RT, agar masyarakat memahami bahaya karhutla untuk kehidupan manusia," tukasnya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru