Evolusi Roda Kemudi Peugeot

  • Oleh Inilah.com
  • 05 Juni 2020 - 20:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Menjadi bagian vital dari kendaraan, roda kemudi terus berevolusi mengikuti perkembangan, baik dari bentuk maupun fungsinya.

Bila semula hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan, hingga disematkannya berbagai fungsi lain seperti tombol klakson, kontrol audio, airbagcruise control, dan lainnya.

Roda kemudi pertama muncul pada tahun 1894 di mobil bertenaga 4 tenaga kuda, Panhard buatan Alfred Vacheron. Umumnya, pada zaman ini, mobil lain masih menggunakan batang pengatur arah.

Mengikuti lomba balap Paris-Rouen, tak hanya dikenal sebagai balap semata, namun juga ajang publikasi teknologi kendaraan yang diikuti lebih dari 100 mobil.

Memang pada ajang tersebut, Panhard menempati posisi juara keempat, namun publikasi mengenai inovasi roda kemudi menjadi tersebar luas.

Pelan tapi pasti, penggunaan roda kemudi mulai menggantikan batang pengatur arah sebagai alat untuk mengendalikan arah roda.

Peugeot langsung merespons. Peugeot mulai menerapkan sistem roda kemudi pertama pada Peugeot Type 36 di tahun 1901, dilengkapi dua buah inovasi, yaitu roda kemudi dan kap mesin yang merupakan hal baru pada masanya.

Pada awal 1990, penggunaan airbag dan power steering pada roda kemudi semakin umum. Hal ini mengubah paradigma dari roda kemudi yang semula hanya memiliki fungsi untuk bermanuver kendaraan, menjadi lebih multifungsi.

Berbagai inovasi terhadap roda kemudi pun semakin marak dilakukan. Mulai dari perubahan bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk, dan juga penyematan berbagai teknologi dan fungsi pada roda kemudi itu sendiri.

Ajang perlombaan balap juga memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi bentuk dan fungsi dari roda kemudi. Pada mobil balap Peugeot 908, seluruh kontrol kendaraan disematkan pada sistem roda kemudinya.

Berita Terbaru