Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Langkah Terintegrasi untuk Buka Kembali Usaha di Tengah Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juni 2020 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan perlu adanya langkah terintegrasi untuk membuka kembali usaha di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Dalam rapat kami secara nasional beberapa waktu lalu perwakilan Kementerian Dalam Negeri menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah mendapatkan banyak surat edaran, sehingga diharapkan untuk protokol ini dapat dibuatkan satu yang komprehensif dan menjadi panduan untuk daerah dalam penerapannya," katanya, Jumat, 5 Juni 2020.

Gugus Tugas telah memetakan status resiko suatu daerah berdasarkan tiga elemen kunci yaitu epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

"Sampai saat ini didapatkan hasil bahwa 86 kabupaten/kota beresiko tinggi, 175 kabupaten/kota beresiko sedang, 142 kabupaten/kota beresiko rendah, dan 104 kabupaten/kota tidak terdampak," katanya.

Berdasarkan pemetaan ini menurut Guntur, bisa menjadi pertimbangan besaran presentase untuk pemulihan perekonomian di wilayahnya.

"Sebagai contoh untuk wilayah beresiko sedang dapat dipulihkan 50 persen, resiko rendah 75 persen, dan tidak terdampak 100 persen dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai catatan, pertimbangan ini masih berupa perencanaan. Jadi begitu catatan kita kalau usaha di bidang pariwisata terutama di Kalteng mau dibuka kembali," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru