Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Media Diminta Bantu Edukasi Masyarakat Mengenai Covid-19

  • Oleh James Donny
  • 05 Juni 2020 - 23:31 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau yang juga Juru Bicara Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan atau TPP Covid-19 Kabupaten Pisau, Moh Insyafi mengharapkan media massa bisa memberikan informasi yang benar, menyejukkan dan mengedukasi masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Menurutnya peran media massa sangat besar, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. "Media bisa membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," katanya, Jumat, 5 Juni 2020.

Terkait informasi seorang warga yang sudah sembuh Covid-19 oleh masyarakat sekitar, Insyafi mengatakan pihak gugus tugas sudah melakukan konfirmasi kepada warga tersebut dan pemerintah desa yang bersangkutan serta menyatakan informasi ini tidak benar.

Sementara infromasi yang benar bahwa warga yang sudah sembuh ini merasa seperti dikucilkan oleh masyarakat.

"Padahal warga sekitar tidak mengucilkannya, hanya saja karena protokol kesehatan yang mengharuskan adanya pembatasan, harus jaga jarak, dan hal itu juga sebagai bentuk kehati-hatian warga dalam menyikapi situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Dia mengatakan yang bersangkutan sudah minta maaf karena keliru dengan sikap masyarakat tersebut.

"Saya mengajak media massa untuk dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh, secara medis aman dan tidak akan menularkan lagi, namun protokol kesehatan juga tetap harus dipatuhi dan dilaksanakan," katanya.

Demikian juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo bahwa pasien positif virus corona yang sembuh tidak akan menularkan lagi. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru