Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babinsa Koramil Sepang Hadiri Ritual Menyanggar PT HPL Bersama Masyarakat Desa Dahian Tambuk

  • Oleh Rokim
  • 05 Juni 2020 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Babinsa Koramil 1016-03 Sepang Serka Helprit dan Serda Pransiska menghadiri acara ritual menyanggar di lokasi PT Hutan Produksi Lestari (HPL) bersama masyarakat Desa Dahian Tambuk, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas, Jumat, 5 Juni 2020.

Ritual ini sebagai bentuk penghormatan kepada nilai-nilai kearifan lokal yang telah menjadi tradisi masyarakat Kalteng.

PT HPL berupaya menjalankan operasional perusahaan dengan menjaga keseimbangan alam dan menjaga tradisi leluhur yang menjadi tatanan adat, hingga kini dipegang teguh masyarakat Bumi Tambun Bungai.

Hadir dalam kegiatan ini yang Bupati Gunung Mas yang diwakili anggota dewan Dapil-1, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gunung Mas, Camat Mihing Raya, Demang Adat Kecamatan Mihing Raya, Danramil 1016-03 Sepang dalam hal ini diwakili Serka Helprit, Kapolsek Sepang Ipda Risza Nafianto, Kepala Desa Dahian Tambuk, mantir adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Dahian Tambuk.

"Kami sangat menghormati kearifan Lokal yang menjadi tradisi masyarakat setempat. Berharap seluruh kegiatan kami ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat serta dapat menjaga keseimbangan alam sesuai filosofi kehidupan Dayak," terang Direksi Produksi PT HPL, Marjoni Bakar.

Sementara di tengah kegiatan dalam kesempatan itu juga Serka Helprit sangat mengapresiasi kegiatan tradisi ini dengan penekanan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid 19 saat ini. Yakni dengan tidak mengabaikan social physical distancing, menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

Hasil dari rangkaian upacara ini adalah mendapatkan nasehat berupa pantangan yang tidak boleh dilakukan masyarakat atau pihak yang hendak memulai kegiatan dengan tujuan untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam seluruh kegiatan yang hendak dilaksanakan.

Hal ini dilakukan PT HPL dengan mengutamakan tenaga kerja dari masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. PT HPL juga memenuhi segala regulasi dan aturan yang berlaku dari pemerintah. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru