Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla dan Virus Corona Dampaknya Sama Ganggu Saluran Pernapasan

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 06 Juni 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menyebut, kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla dan virus corona dampaknya sama-sama berisiko tinggi yakni dapat mengganggu saluran pernapasan.

"Keduanya dapat menyerang saluran pernapasan seseorang," kata Fahrizal Fitri saat membawakan sambutan dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya terkait Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui Vidio conference, yang digelar di aula Eka Hapakat lantai 3 kantor Gubernur Kalteng, Jumat 5 Juni 2020.

Fahrizal menjelaskan, saat ini Kalimantan Tengah berada dalam status bencana covid-19. Sebentar lagi juga akan memasuki musim kemarau. Di musim itu, biasanya rawan terjadi karhutla. 

"Keduanya berisiko tinggi, yakni sama-sama bisa menganggu kesehatan pada infeksi saluran pernapasan manusia," ungkap Fahrizal.

Hal tersebut, tambah dia, menjadi perhatian pemerintah dan seluruh pemangku wilayah agar dapat menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dampak kesehatan.

"Cara tubuh merespon juga berbeda-beda, ada yang rentan terhadap asap, begitu juga sebaliknya. Sehingga akan mengakibatkan turunnya imun tubuh seseorang," demikian Fahrizal. (PARLIN TAMBUNAN/B-7)

Berita Terbaru