Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapid Test Dilakukan di Kawasan Pasar, Ini Penjelasan Gubernur Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Juni 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Sabtu, 6 Juni 2020 menjelaskan alasan kenapa pelaksanaan rapid test massal dilakukan di kawasan pasar.

"Karena pasar merupakan tempat pertemuan masyarakat dengan masyarakat lain dalam jumlah yang besar. Karena itulah lokasi ini dipilih sebagai salah satu titik yang digunakan untuk memetakan penyebaran covid-19," jelas gubernur di lokasi rapid test massal di kawasan Pasar Indra Sari Pangkalan Bun.

Menurut gubernur, karena wilayah Kabupaten Kobar cukup luas, maka pelaksanaan rapid test ini akan dilakukan selama dua hari.

"Hari pertama ini digelar di Kecamatan Arut Selatan dipusatkan di Pasar Indra Sari dan pasar di Kecamatan Kumai. Kemudian, Minggu, 7 Juni 2020 kegjatab serupa juga digelar di pasar yang berlokasi di Kecamatan Pangkalan Banteng," jelas Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak terlalu ketakutan dan panik bila diminta petugas untuk menjalani rapid test.

"Karena bila ternyata hasilnya reaktif dan dilanjutkan dengan pengambilan swab lanjutan hasilnya positif maka yang bersangkutan diwajibkan untuk menjalani karantina ditempat yang telah ditentukan pemerintah. Namun segala kebutuhan makan, vitamin dan pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah," jelas gubernur.

Gubernur melanjutkan, tujuan karantina bukan bermaksud menghukum penderita, namun upaya menanggulangi penyakit agar tidak semakin parah.

"Selain itu karantina juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid-19. Jadi ayo kita bersama-sama saling bahu membahu untuk menanggulangi masalah covid-19 ini," tuturnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru