Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Warga Israel Protes Rencana Pencaplokan Tepi Barat

  • Oleh Teras.id
  • 07 Juni 2020 - 11:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ribuan orang warga Israel berunjuk rasa pada Sabtu menentang rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mencaplok Tepi Barat, wilayah yang diperjuangkan Palestina untuk negara merdeka.

Mereka berdemo mengenakan masker dan menjaga jarak fisik satu sama lain di bawah pembatasan virus corona, sambil mambawa spanduk "Tidak untuk aneksasi, tidak untuk pendudukan, ya untuk perdamaian dan demokrasi".

Beberapa pendemo terlihat mengibarkan bendera Palestina. Menurut laporan Reuters, 7 Juni 2020, demonstrasi itu diorganisir oleh kelompok-kelompok sayap kiri dan bukan gerakan populer, karena sekitar setengah dari warga Israel mendukung aneksasi, menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Penyelenggara juga menayangkan video pidato Senator Demokrat AS A. Bern Sand Sanders. "Tidak pernah lebih penting untuk membela keadilan, dan untuk memperjuangkan masa depan yang kita semua pantas dapatkan," kata Sanders dalam video.

"Terserah kita semua untuk berdiri di hadapan para pemimpin otoriter dan membangun masa depan yang damai bagi setiap warga Palestina dan setiap warga Israel."

Dikutip dari Times of Israel, puluhan petugas mengamankan demonstrasi itu setelah polisi mengatakan jumlah peserta akan dibatasi 2.000 orang, meskipun surat kabar Haaretz melaporkan 6.000 orang ikut dalam aksi itu dan menyebutnya sebagai protes terbesar di Israel sejak awal pandemi virus corona.

Demonstrasi ini diselenggarakan oleh partai sayap kiri Meretz dan faksi Hadash komunis dari koalisi Joint List mayoritas-Arab, bersama dengan beberapa kelompok hak sayap kiri lainnya.

Anggota parlemen Nitzan Horowitz, ketua partai Meretz, mengatakan kepada massa bahwa pencaplokan akan menjadi "kejahatan perang" dan akan menelan biaya jutaan dolar Israel karena ekonomi sudah goyah karena pandemi.

"Kita tidak bisa mengganti pekerjaan puluhan tahun dengan apartheid yang akan bertahan selamanya," teriak Horowitz. "Ya untuk dua negara untuk dua masyarakat, tidak untuk kekerasan dan pertumpahan darah," lanjutnya.

"Tidak untuk aneksasi, ya untuk kedamaian." Horowitz menyebut Menteri Pertahanan Benny Gantz, Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi dan Menteri Ekonomi Amir Peretz, sebagai pengecut dan berkhianat ke kubu lain.

Berita Terbaru