Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kalteng Siapkan Protokol K3 Pada Destinasi Wisata

  • Oleh Hendri
  • 07 Juni 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengeluarkan panduan tentang penerapan protokol keselamatan, keamanan, dan kesehatan (K3) yang akan diterapkan pada setiap destinasi wisata.

Menurutnya, dibutuhkan beberapa tahapan sebelum usaha pariwisata maupun destinasi wisata dapat dibuka. Seperti sosialisasi, simulasi dan uji coba penerapan protokol keselamatan, keamanan, dan kesehatan tersebut.

"Seiring penerapan new normal, maka usaha pariwisata maupun destinasi wisata diprioritaskan untuk dibuka secara bertahap sesuai kondisi dan daerah masing-masing,"katanya, Minggu 7 Juni 2020.

Untuk Kalteng, Disbudpar mulai melakukan sosialisasi panduan penerapan protokol K3 kepada pelaku usaha pariwisata maupun destinasi wisata.

"Tentu kita harus memperhatikan aspek epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan. Apakah penyebaran Covid-19 masih berisiko tinggi, sedang atau rendah disetiap daerah di Kalteng," jelasnya.

Guntur menambahkan, sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Kalteng secara umum, maka usaha kepariwisataan mengalami kelesuan akibat terdampak Covid-19.

Bahkan tidak sedikit para pelaku usaha wisata, penggiat bahkan karyawan dari usaha wisata yang terimbas kondisi dari merebaknya penyebaran pandemi virus tersebut.

"Kita berharap kondisi ini segera berlalu, sehingga kepariwisataan dapat segera bangkit kembali seperti sedia kala,"tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru