Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Draf RUU Pemilu, Wakil Ketua Komisi II: Belum Final

  • Oleh Teras.id
  • 07 Juni 2020 - 17:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa mengatakan draf RUU Pemilu per 6 Mei yang beredar di publik belum menjadi dokumen yang final.

“Yang finalnya nanti. Kita masih memberi kesempatan pada fraksi untuk memberikan sikap resmi,” kata Saan dalam telekonferensi, Ahad, 7 Juni 2020.

Saan mengatakan, Komisi II saat ini sedang menyiapkan naskah akademik dan sudah beberapa kali bertemu dengan Badan Keahlian DPR (BKD) untuk menyusun draf RUU Pemilu.

Dalam pertemuan terakhir pada 6 Mei lalu, Saan mengatakan Komisi II dan BKD sepakat melanjutkan dan meminta pendapat setiap fraksi secara tertulis.

Pendapat tersebut paling lambat dikirim ke Komisi II pada Senin, 8 Juni 2020. “Itu yang akan jadi draf resmi yang dikirim Komisi II ke Baleg untuk diharmonisasi,” katanya.

Mengenai polemik parliamentary threshold menjadi 7 persen dan sistem pemilu proporsional tertutup atau terbuka di RUU Pemilu yang beredar, Saan mengatakan bahwa bisa saja nantinya akan ada banyak alternatif di draf yang final. “Karena sikap di fraksi sangat berbeda.”

TERAS.ID

Berita Terbaru