Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Bintang Ninggi II Kembali Salurkan BLT Dana Desa

  • Oleh Ramadani
  • 07 Juni 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa (Pemdes) Bintang Ninggi II, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara  kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 untuk Mei 2020 kepada keluarga miskin atau keluarga kurang mampu yang terdampak pandemi corona virus desease (Covid-19).

Penyaluran dilaksanakan pada Sabtu, 6 Juni 2020. Sebelumnya, pada Jumat 16 Mei 2020 lalu Pemdes Bintang Ninggi II juga telah menyalurkan BLT DD untuk April 2020 yang secara simbolis diserahkan oleh Camat Teweh Selatan Agus Siswadi dihalaman kantor desa.

“Kami kembali menyalurkan secara simbolis BLT-DD untuk Mei 2020 yang diserahkan kepada 24 warga penerima BLT DD,” kata Kepala Desa Bintang Ninggi II, Ardianto, Minggu 7 Juni 2020

Dikatakan Ardianto, penyaluran tahap II (Mei 2020) ini, pihak Pemdes sengaja melaksanakan membagikan BLT DD ini di ruang terbuka di taman Desa Bintang Ninggi II.

“Hal ini kami lakukan agar warga yang menerima BLT DD bisa memandang taman desa yang terlihat asri dan sejuk yang berhadapan dengan Taman Baca Masyarakat Desa,” ungkap Ardianto.

Ardianto menerangkan, untuk penerima BLT DD tahap II ini yang menerimanya sebanyak 24 warga seperti data penerima waktu penyaluran BLT DD tahap pertama atau April 2020 lalu sebesar Rp600 ribu / perbulan.

Jumlah penduduk Desa Bintang Ninggi II sebanyak 390 Kepala Keluarga atau 1.231 jiwa yang tersebar di 7 RT. Dari 390 KK diambil 338 kepala keluarga dan setelah melalui proses dalam waktu yang singkat, sebanyak 24 warga miskin yang menerima BLT-DD tahun 2020 untuk Desa Bintang Ninggi II.

Menurut Anto panggilan akrab Ardianto dalam menentukan warga yang menerima BLT-DD ini melalui proses dari pramusdes, turun ke lapangan untuk mendapatkan data warga, hingga Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang menentukan warga yang menerima bantuan.

“Dalam rapat Musdessus maka keluarlah 24 warga penerima BLT-DD itu berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dari 14 kriteria, Pemdes Bintang Ninggi II mengambil minimal 9 (sembilan) kriteria yang ada,” ucapnya.

Penyaluran dana BLT-DD tahun 2020 untuk 24 warga ini, pihak Pemdes Bintang Ninggi II bekerjasama dengan BUMDes setempat untuk menyalurkannya melalui rekening bank yang ditunjuk pemerintah.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru