Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diduga Selang Regulator Elpiji Bocor, Gerobak Mie Ayam Nyaris Terbakar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Juni 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Diduga akibat terjadi kebocoran selang regulator pada kompor elpiji, gerobak milik salah seorang pedagang Mie Ayam, di Jalan Pangeran Antasari tepatnya (Persimpangan Jl. Belimbing Manis) Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, nyaris terbakar, Minggu, 7 Mei 2020.

Kejadian tersebut sempat membuat warga panik, lantaran Gas LPG tersebut sempat terbakar. Beruntung api dapat segera padam dan tidak menyebabkan terjadi kebakaran besar.

Kasatpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni melalui Kasi Evakuasi dan Penyelamatan Damkar Kobar, Kaboel Suhartono mengatakan, telah mendapat laporan kebakaran Gas LPG, yang diduga akibat kebocoran selang regulator dan langsung membantu evakuasi.

"Beruntung api tidak membesar dan tidak menimbulkan kebakaran besar, namun lantaran berada di dekat pasar sehingga membuat ramai dan warga panik," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam kondisi seperti itu masyarakat jangan panik. Sebab selama ini saat penanganan kebakaran. Tidak pernah menemukan tabung gas LPG meledak.


"Kalau Gas LPG menyemburkan api sering kami temukan. Makanya saat terjadi musibah kecil saat kebakaran diakibatkan dari kompor Gas LPG diharapkan jangan panik," ungkapnya.

Pihaknya pun membagikan 5 Tips Mencegah Kebakaran Akibat Kebocoran Tabung Gas LPG.

Untuk menghindari kebakaran akibat gas LPG, Damkar Kobar menyampaikan ada sejumlah cara untuk mencegah kebakaran dari bocornya tabung gas.

1. Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang, maupun regulatornya, apabila terjadi kebocoran akan tercium bau khas LPG.

2. Simpan tabung gas LPG sejauh mungkin dari kompor atau sumber api yang lain.

3. Pasang regulator pada katup tabung LPG dengan posisi knob regulator mengarah kebawah.

4. Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung gas LPG yang sering digunakan.

5. Kompor dan tabung gas simpan pada tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Berita Terbaru