Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gugus Tugas Gelar Rapid Test Massal di Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Juni 2020 - 12:43 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timur menggelar tes cepat atau rapid test Covid-19 secara massal di Pasar Tamiang Layang mulai 09.00 WIB, Selasa 9 Juni 2020

Anggota Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Suhaily, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan pelaksanaan rapid test ditujukan kepada pedagang Pasar Tamiang Layang terutama yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan dan petugas pada posko Covid-19 yang ada di pasar tersebut.

"Hari ini tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tamiang Layang melakukan rapid test di Pasar Tamiang Layang dengan sasaran pedagang terutama yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan kerena angka positif Covid-19 di Kalimantan Selatan terus meningkat," jelas Suhaily.

Menurutnya, kegiatan rapid test tersebut adalah bagian dari upaya pencegahan untuk mendeteksi lebih dini orang-orang yang mungkin terpapar Covid-19 karena datang dari zona merah namun tidak menunjukkan gejala sakit atau biasa di sebut OTG.

Kegiatan rapid test tersebut akan diulang 10 hari kemudian untuk memastikan hasil dari rapid test tersebut, namun jika ada yang hasilnya reaktif akan dilakukan isolasi mandiri.

"Kalau hari ini ada yang reaktif akan diarahkan untuk melakukan isolasi hingga 14 hari ke depan serta dilakukan rapid test ulang 10 hari kemudian" imbuhnya di kantor UPT Pasar Tamiang Layang.

Sementara, Kabid Pengelola Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur, Edy Adwar menerangkan jumlah pedagang yang mengikuti rapid test sebanyak 31 orang ditambah petugas posko 5 orang termasuk dirinya dan Kepala UPT Pasar Tamiang Layang.

"Saya dan Kepala UPT Pasar Tamiang Layang juga ikut rapid test," kata Edy. (BOLE MALO/m) 

Berita Terbaru