Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator di Palangka Raya Imbau Warga Waspadai Layanan Pinjaman Online

  • Oleh Hendri
  • 09 Juni 2020 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ted Apry Mahendra mengimbau masyarakat agar waspada terhadap aksi modus penipuan yang kian hari semakin beragam dan salah satunya pinjaman online atau pinjol.

Mahendra mengatakan pengguna layanan jaringan telekomunikasi Kota Palangka Raya belakangan ini banyak yang mengeluhkan maraknya SMS spam.

Hal itu dirasakan cukup mengganggu dan berpotensi menjadi modus baru dalam aksi kriminalitas.

Salah satu yang kerap ditemui yakni banyaknya koperasi-koperasi online maupun perusahaan layanan kredit yang menawarkan pinjaman secara online dengan persyaratan mudah, bahkan menjanjikan keuntungan besar.

"Mencari pinjaman online mungkin efektif dari segi waktu dan tenaga. Namun sebagai calon debitur, maka kejelian, kesabaran dan kemauan untuk melakukan verifikasi lembaga perbankan atau penyedia jasa layanan keuangan online tetap harus diutamakan," ungkapnya, Selasa 9 Juni 2020.

"Iini bertujuan agar tak menyesal dikemudian hari atau menjadi korban modus penipuan. Yang terpenting, jangan mudah memberikan data pribadi seperti KTP atau KK kepada orang tak dikenal," tuturnya.

Politisi PDIP ini mengajak warga harus berfikir dua kali sebelum mempercayai segala informasi yang diberikan melalui jaringan internet, terutama yang menyasar masyarakat dengan menjanjikan kemudahan dalam memperoleh pinjaman dan bunga yang sangat rendah.

Dia juga mengingatkan untuk lebih bijak dalam mengelola sistem informasi, baik dalam mendapatkan informasi ataupun menyebarluaskannya, serta rajin membaca info dari sumber terpercaya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru