Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Media Sosial Harus Dikenalkan Sejak Dini

  • Oleh Naco
  • 09 Juni 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Hj. Darmawati mendorong agar pendidikan bijak dalam bermedia sosial harus dikenalkan sejak dini. 

Tidak hanya itu kata dia, bagi kalangan masyarakat awam juga sangat penting. Dalam upaya menangkal berita hoax yang rentan jadi provokasi bagi masyarakat.

Selain itu Darmawati menyarankan pemerintah agar memberikan pendidikan  bermedia sosial yang baik. Terutama bagi masyarakat di luar bangku sekolah. 

Pasalnya dengan bebasnya pengguna medsos ini akan semakin berdampak buruk tanpa diimbangi dengan pemberian pengetahuan soal media sosial.

Ia melihat postingan di medsos banyak liar, maka dari itu perlu diberikan pemahaman dari pemerintah bagaimana pengguna medsos yang baik dan tidak melanggar hukum.

"Menggunakan media sosial ada efek positif dan negatif," ucapnya, Selasa, 9 Juni 2020.

Bahkan Darmawati menganggap media sosial juga sebagai  media untuk menyerap aspirasi  publik termasuk bisa digunakan untuk mensosialisasikan  program pemerintah.

“Medsos ini ibarat dua mata pisau, kalau digunakan secara positif bisa membawa kebaikan bersama tapi kalau disalahgunakan bisa berujung pidana, jadi tergantung bagaimana kita memberikan eduasi yang cerdas kepada pengguna medsos ini,” ungkapnya.

Dia  menyebutkan kebanyakan masyarakat tidak tahu dengan  apa hal yang dibatasi di medsos itu. Akibatnya dalam memposting tidak memikirkan aspek lainnya terutama aspek hukum. 

“Dari ribuan pengguna medsos khususnya di Kotim ini syukur  kalau ada 50 persen paham batasan dan akibat hukum dari melanggar batasan-batasan tersebut," tutup  Darmawati. (NACO/B-5)

Berita Terbaru