Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Percontohan TP PKK Barito Timur Sudah Siap Panen

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Juni 2020 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kebun percontohan Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Timur di Jalan Pati Anom Tamiang Layan, sudah siap dipanen.

Kebun yang dikembangkan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur tersebut ditanami labu madu, terong, kacang panjang, tomat, dan cabai rawit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito timur Riza Rahmadi menjelaskan, kebun tersebut menjadi bukti bahwa lahan pekarangan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk budidaya sayuran.

"Ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Barito Timur terutama ibu-ibu untuk memanfaatkan pekarangan menjadi lahan yang produktif," kata Riza, Selasa, 9 Juni 2020.

Menurutnya, dengan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut masyarakat dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli untuk memenuhi kebutuhan sayuran. Bahkan, dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan jika dijual lagi.

Dia menambahkan, sayur yang ditanam di pekarangan dijamin lebih sehat karena dapat dikontrol dari penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnnta.

"Pemanfaatan lahan pekarangan seperti ini juga akan mendukung ketahanan pangan keluarga terutama saat pandemi covid-19," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru