Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengalaman Menikah di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Plus Minusnya

  • Oleh Teras.id
  • 10 Juni 2020 - 06:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak menghentikan niat banyak pasangan untuk menikah sebab selain karena sudah siap secara mental dan finansial, tak jarang mereka mengikat janji suci lantaran belum ada kepastian kapan virus corona berakhir.

Salah satu contohnya adalah Shafa Meisan Fadillah. Wanita berusia 25 tahun itu menikah dengan Aditya Wiranto pada 31 Mei 2020.

“Sudah kesepakatan keluarga dan sudah direncanakan. Tapi karena corona juga tidak tahu selesainya kapan, jadi tetap dijalani saja,” katanya saat dihubungi Tempo.co pada 6 Juni 2020.

Ada plus minus yang harus dihadapi Shafa dan Aditya dalam menjalani pernikahan di tengah pandemi Covid-19 ini. Dari poin positifnya, Shafa mengaku bisa mendapatkan potongan harga untuk kebutuhan pernikahannya.

“Misalnya hotel, biasanya minimum pax itu 30 orang, tapi karena Covid-19 bisa turun jadi 20 orang. Harganya juga turun awalnya per pax 350 ribu, jadi tinggal 250 ribu,” ujarnya.

Shafa juga menjelaskan jika menikah di tengah pandemi membuatnya lebih rileks. Terlebih, karena semuanya disiapkan sendiri.

“Kami pencegahan penyebaran Covid-19, jadi tidak pakai WO supaya tidak banyak orang. Enaknya, saya sudah tahu semua jadwal karena memang saya yang susun. Ini membuat lebih tenang dan tidak deg-degan,” ungkapnya.

Namun, dari sisi buruknya, Shafa mengatakan ayah dan ibu dari pihak suami tidak bisa hadir.

“Kebetulan keluarga suami semua ada di Blora. Karena pernikahan kami ini secara adat, rasanya ada yang kurang. Biasanya ada sungkem, ini tidak bisa karena protokol Covid-19 tidak memperbolehkan keluar masuk antar kota di Indonesia, kan” jelasnya.

Selain Shafa, Ekotyas Elastrina Andraswati juga membagikan pengalaman saat melakukan pernikahan di tengah pandemi. Alasan yang sama terkait ketidakpastian pandemi berakhir tak lupa dilontarkan wanita berusia 30 tahun itu.

Berita Terbaru