Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat di Sukamara Diminta Mulai Tindakan Preventif Cegah Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Juni 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Camat di Kabupaten Sukamara diminta mengakomodir desanya masing-masing untuk melakukan tindakan preventif dalam pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Pada kesempatan ini, saya meminta camat untuk mulai melakukan tindakan-tindakan preventif terhadap kebakaran hutan dan lahan," pinta Bupati Sukamara, Windu Subagio dalam rakor kathutla, Rabu, 10 Juni 2020.

"Terutama untuk Kecamtan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai yang saya anggap rawan," tambahnya.

Dirinya meyakini, bahwa api yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sukamara tidak disebabkan oleh alam, melainkan karena kelalaian dan kesengajaan.

"Saya sendiri belum pernah melihat dan mendengar bahwa api itu hidup dengan sendirinya akibat gesekan kayu dan sebagainya kemudian tiba-tiba kebakaran," terangnya.

"Intinya kita meyakini bahwa semua itu bersumber dari kesengajaan dan kelalaian, artinya membuang puntung rokok juga dengan tidak sengaja, tidak bermaksut membakar, tapi menyebabkan kebakaran," lanjutnya.

Windu mengingatkan, agar masalah karhutla bentul-betul diperhatikan, terutama untuk daerah yang dianggap rawan terjadi kebakaran. Mengingat wilayah pesisir yang kondisi angin kencang sehingga sangat mudah api menjadi lebih besar.

"Banyak pengalaman-pengalaman kemarin yang terjadi, dan memang Kecamatan Pantai lebih banyak terjadi kebakaran," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru