Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Kemarau di Kotim Diperkirakan Lebih Pendek

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juni 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Musim kemarau di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diperkirakan lebih pendek dari tahun 2019, bahkan masih berpotensi terjadi hujan.

"Lamanya musim kemarau pada 2020 ini diperkirakan dari Juli hingga September. Lebih pendek dari tahun sebelumnya," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Rabu, 10 Juni 2020. 

Dirinya menerangkan, berdasarkan prakiraan musim, frekuensi musim kemaraundi Kalimantan Tengah (Kalteng), khusunya di Kotim, akan terjadinpada minghu kedua Juli 2020. 

Namun pada tahun ini, bisa dikatakan kemarau basah. Namun tidak sebasah pada kmerau yang terjadi pada 2016 dan 2017 lalu. Sedangkan tingkat kekeringan masih sama, tergantung pada lokalnya sendiri. 

"Kalau tingkat kekeringan diperkirakan masih sama seperti tahun lalu," terang Setiawan. 

Setiawan menerangkan, untuk wilayah selatan Kotim, karakteristiknya adalah lahan gambut. Sehingga apabila tidak terjadi hujan untuk beberapa waktu, maka tingkat kekeringannya akan lebih cepat. 

Namun kalaundi wilayah utara Kotim, daerah sana merupakan perbukitan dan  lahan gambutnya sedikit. Sehingga tingkat kekeringan lebih kecil. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru