Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Serahkan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Juni 2020 - 11:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk membantu meringankan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bermaksud melakukan rehab rumah, pemerintah pusat melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan bantuan rehab rumah pada masyarakat dengan kategori tersebut.

Kegiatan serah terima buku tabungan bagi penerima program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) DAK Kabupaten Kobar 2020 ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Kobar Nurhidyah, di Rumah Betang, Desa Pasir Panjang, Jumat, 12 Juni 2020.

Menurut Bupati, tahun ini rencananya bakal diserahkan bantuan pada 520 unit rumah milik MBR yang lokasinya tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Kobar.

"Selain itu, kami masih memiliki pekerjaan rumah. Karena berdasarkan pendataan dan survei yang ada, masih terdapat 2200 rumah milik MBR yang layak mendapat bantuan untuk melalukan rehab," jelasnya.

Ditanyakan kapan target 2200 rumah tersebut bisa tercapai menurut bupati sebelum masa jabatannya berakhir.

"Walau demikian kami tidak berani berjanji muluk. Terlebih pada masa pandemik covid-19 seperti ini, bisa saja kondisi penganggaran ditingkat pusat berubah. Namun harapan kita semua target tersebut bisa tercapai tepat waktu," jelasnya.

Berdasarkan data di lapangan, bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dinas Perkim Kobar untuk proses rehab rumah diberikan sebesar Rp 17 juta.

Rinciannya adalah Rp 15 juta untuk membantu beli bahan bangunan dan Rp 2,5 juta bantuan biaya tukang.

Dengan bantuan ini diharapkan meringankan beban MBR yang berniat melakukan rehab rumah secara swadaya atau mandiri. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru