Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

New Normal, Jumlah Pencari Kerja di Barito Selatan Meningkat

  • Oleh Uriutu
  • 12 Juni 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sejak informasi pemerintah akan memberlakukan New Normal, jumlah pencari kerja di Disnakertrans Barito Selatan mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Pejabat Fungsional Pengantar Kerja pada Disnakertrans Barsel, Deddy Hariyanto mengatakan, sebelum new normal pencari kerja membuat kartu kuning hanya 1-2 orang dalam satu hari.

Namun, lanjut dia, sejak new normal atau mulai pecan lalu jumlah pencari kerja untuk mendapatkan AK-1 meningkat atau mengalami lonjakan.

“Dari Januari 2020  hingga hari ini jumlah pencari kerja sebanyak 677 yang telah membuat kartu kuning,” kata Deddy Hariyanto kepada Borneonews, Jumat, 12 Juni 2020.

Menurutnya, hal ini disebabkan beberapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan seperti diwilayah Kalimantan Selatan, Barito Timur dan Barito Utara.

Serta juga beberapa perusahaan diwilayah Barsel mulai merekrut karyawan untuk pekerjaan waktu tertentu atau tidak permanen yang kontraknya hanya 1 tahun.

“Dan juga untuk perusahaan karet BAP smpat mliburkan karyawannya sudah kembali kerja seperti biasanya,” beber dia.

Ia mengimbau kepada pencari kerja tiga bulan setelah membuat kartu kuning untuk bisa melaporkan kepihaknya apakah sudahbekerja atau belum.

“Karena selama ini hanya sebagian saja pencari kerja yang melaporkan baik mereka yang telah bekerja ataupun yangbelum bekerja,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/m)


 

Berita Terbaru