Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Roro Tenggelam Saat Bersandar di Padang Bai

  • Oleh Teras.id
  • 13 Juni 2020 - 11:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kapal Roro KMP Dharma Rucitra III milik PT Dharma Lautan Utama oleng dan tenggelam saat hendak bersandar di Pelabuhan Padang Bai, Jumat malam, 12 Juni 2020 pukul 21.30 WITA. Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Lembar itu mengangkut 65 penumpang dan awak kapal.

"Musibah kandas saat kapal memasuki Dermaga 2 Pelabuhan Padang Bai. Seluruh penumpang dan awak kapal berhasil dievakuasi dengan selamat," tutur Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Padang Bai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Sabtu, 13 Juni 2020.

Eka menjelaskan, kapal dengan ukuran GT 1444 itu mulanya berangkat dari Pelabuhan Lembar pada pukul 17.05 WITA.

Ia memastikan kapal dalam kondisi laik laut. Kemudian, pukul 21.29 WITA di hari yang sama, kapal tersebut memasuki Dermaga 2 Pelabuhan Padang Bai dan bersiap untuk bersandar.

Namun kapal tersebut miring ke kanan kurang lebih 45 derajat sehingga tidak dapat merapat ke dermaga untuk proses pembongkaran.

Nakhoda dan awak kapal pun sempat menurunkan jangkar sebelah kiri untuk menyeimbangkan posisi armada, tapi kapal malah semakin miring dan air laut masuk sehingga mesin mati.

Akibat kejadian itu, KSOP Padang Bai langsung melakukan proses evakuasi kapal tenggelam itu kepada penumpang dan awak kapal.

Selain terdapat 65 orang, kapal juga mengangkut truk besar sebanyak 10 unit, tronton sebanyak 8 unit, truk sedang sebanyak 3 unit, 3 kendaraan kecil, dan 9 sepeda motort.

Setelah dievakuasi, seluruh penumpang dan awak kapal melakukan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan pada Sabtu pagi, 13 Juni, petugas akan melakukan evakuasi terhadap kapal.

"Kami meminta bantuan tug boat dari Pertamina untuk menggeser kapal tersebut. Kami memastikan agar lokasi kejadian aman dan tidak mengganggu aktivitas pelayaran," tuturnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru