Hasil Swab Negatif, Jumlah PDP Covid-19 Asal Seruyan Berkurang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 13 Juni 2020 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Salah satu warga asal Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan.

Sebelumnya berstatus sebagai pasien dalam pengawasan atau PDP 17 asal Kabupaten Seruyan dan dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dinyatakan negatif Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Seruyan, Ruspandian Noor mengatakan hasil negatif ini setelah 17 PDP ini menjalani pemeriksaan swab sebanyak 2 kali pengujian.

“Perlu disampaikan walau berstatus PDP, namun dengan hasil rapid testnya reaktif maka belum bisa dipastikan seseorang terpapar Covid-19, karena hanya dari hasil swab yang bisa memastikan terpapar atau tidaknya,” jelasnya, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dengan hasil negatif Covid-19 terhitung hari ini maka jumlah PDP Covid-19 asal Seruyan tersisa 3 orang. Saat ini semuanya tengah menunggu hasil pemeriksaan swab yang masih belum keluar.

Berdasarkan jumlah kumulatif PDP asal Seruyan hingga hari ini 18 orang dengan rincian 9 orang dinyatakan negatif, 5 orang positif, 1 orang rapid test reaktif meninggal, dan saat ini tersisa 3 orang masih menunggu hasil swab.

Dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dengan terus disiplin menjalankan seluruh protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Selalu disiplin memakai masker, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan melaksanakan kebiasaan baik mencuci tangan pakai sabun,” tandasnya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru