Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Truk Tangki Suplai akan Ditempatkan di 3 Kecamatan untuk Antisipasi Karhutla di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juni 2020 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar) ada 5 unit truk tangki suplai akan ditempatkan di 3 kecamatan.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Petrus Rinda mengatakan tahun ini menambah armada truk tangki suplai 5 unit.

"Tambahan 5 unit kendaraan truk tangki suplai tersebut, nantinya akan ditempatkan di Kecamatan Kotawaringin Lama 1 unit, Kecamatan Kumai 2 unit serta Kecamatan Pangkalan Banteng 1 unit,” ujarnya.

Dengan tambahan ini maka saat ini BPBD Kobar memiliki 10 unit truk tangki suplai. Pengadaan ini dibiayai dari sumber dana Silpa Dana Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Program Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Kegiatan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Pengadaan truk ini adalah sebagai sarana untuk menunjang penanganan Karhutla di Kabupaten Kobar," ungkapnya.

Petrus berharap penanganan Karhutla tahun ini, BPBD sudah siap karena ditunjang oleh peralatan yang sudah cukup memadai.

"Untuk melengkapi truk tangki suplai tersebut, kami juga menambah dengan 5 unit mesin pemadam Portable serta perlengkapannya," ungkapnya.

Kemudian bagi masyarakat yang mau melaporkan kejadian bencana, dapat segera menghubungi BPBD melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram BPBDKOBAR atau dapat menghubungi kontak person Kasi Pencegahan, Pahrul Laji (0813 4903 2484) atau Kasi Kedaruratan, Sudiro Suryandaru (0857 5116 6464). (DANANG/B-6)

Berita Terbaru