Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

33 Warga Desa Pasir Panjang Dapat Bantuan Stimulan Rumah Swadaya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juni 2020 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Di 2020 ini ada 33 warga Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan mendapakan bantuan stimulan rumah swadaya (BSRS) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kabar ini disampaikan Kepala desa Pasir Panjang Tamel Otol. Dia menyebut kuota BSRS untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pada 2019, Deda Pasir Panjang mendapatkan kuota sekitar 60 rumah. "Memang di 2020 ada penurunan kuota menjadi 33 rumah, namun hal ini rasional saja, mengingat bantuan ini adalah untuk rehab rumah," ujarnya, Sabtu 13 Juni 2020.

Kriteria warga penerima BSRS ini merupakan warga yang kurang mampu dan mau swadaya. Adapun swadaya yang dimaksud yakni warga tersebut bisa menambah kekurangan materi, dari kekurangan anggaran bantuan yang diberikan.

Diketahui, bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dinas Perkim Kobar untuk proses rehab rumah diberikan sebesar Rp 17.500.000. Rinciannya Rp 15 juta untuk membantu beli bahan bangunan dan Rp 2,5 juta bantuan biaya tukang.

"Mengingat biaya tukang untuk rehab rumah tipe 3 kali 6 adalah Rp 3 juta rupiah, maka warga hanya swadaya membantu menambah Rp 500 ribu, dari bantuan biaya tukang sebesar Rp. 2,5 juta," ungkapnya.

Tentu masyarakat sangat terbantu dengan adanya program BSRS ini, karena meringankan beban MBR yang berniat melakukan rehab rumah secara swadaya atau mandiri. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru