Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yogyakarta Usir Warga Tak Pakai Masker Lewat Kawasan Vital

  • Oleh Teras.id
  • 14 Juni 2020 - 07:30 WIB

TEMPO.CO, Yogyakarta - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar operasi pendisiplinan bagi warga yang melintas di sejumlah kawasan vital Kota Yogyakarta Sabtu petang, 13 Juni 2020.

Ratusan petugas gabungan dari satuan polisi pamong praja Pemerintah DIY, Kota Yogya, dan TNI/Polri itu merazia para warga yang tak memakai masker di kawasan seputaran Tugu Jogja hingga Malioboro.

Mereka yang kedapatan tanpa masker dan tak memilikinya, langsung diusir, dihalau memilih jalan lain di luar kawasan Tugu-Malioboro.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogya Agus Winarto mengatakan dari Pemkot Yogya sendiri menurunkan total 80 personil dalam razia wajib masker Sabtu malam itu.

"Namun ditambah personil Satpol PP provinsi DIY juga TNI/Polri ada ratusan yang terlibat operasi dari Tugu sampai Malioboro ini," ujarnya.

Operasi itu tak hanya berlaku bagi pejalan kaki, tapi juga bagi mereka yang menggunakan sepeda dan sepeda motor dan tak mengenakan masker, maka langsung dihentikan untuk memakai masker.

Sejumlah ruas tembusan di beberapa jalan itu juga ditempatkan petugas, sehingga warga dan wisatawan yang mencoba mencari celah dari akses jalan tikus pun tak bisa berkutik.

Ada pula warga yang ngotot dan marah-marah dihalau petugas karena tak memakai masker saat hendak masuk Malioboro. Namun petugas tak menggubrisnya dan tetap meminta mereka yang tak memakai masker untuk tidak masuk kawasan itu.

"Kalau masih ada yang keluar rumah tidak mau pakai masker, ketika diperingatkan malah marah-marah, tidak merasa bersalah dan tidak merasa bakal merugikan diri sendiri serta orang lain, itu jadi keprihatinan luar biasa," ujar Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Berita Terbaru