Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

164.000 Hektare Lahan Disiapkan untuk Program Food Estate, 85.000 Hektare Sudah Digarap

  • Oleh Nopri
  • 14 Juni 2020 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lahan seluas 164.000 hektare tersebar di sejumlah kabupaten disiapkan untuk program food estate. Terkait itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono meninjau lahan tersebut, Minggu, 14 Juni 2020.

"Yang sudah dibuka sawahnya dan sedang dikerjakan saat ini 85.000 hektare. Sisanya 79.000 hektare (salah satunya pulang pisau), ini yang mau saya cek supaya berhasil. Jadi fokus di situ dulu," kata Mochamad Basoeki Hadimoeljono di Palangka Raya, Minggu, 14 Juni 2020.

Dia menjelaskan, lahan yang dipilih bukan merupakan lahan gambut. Sehingga, hanya beberapa daerah saja yang dipilih. Jika lahan gambut, maka diperlukan teknologi khusus untuk menggarapnya.

"Semoga dengan masuknya teknologi pengolahan serta irigasi yang diperbaiki ini mudah-mudahan Indeks Pertanaman (IP) bisa naik. Yang biasanya hanya satu kali tanam nantinya diharapkan bisa dua kali tanam," jelasnya.

Selaian meninjau lahan sawah dan pertanian yang akan digunakan di Kabupaten Pulang Pisau itu, Menteri PUPR juga sekaligus meninjaua infrastruktur di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Seperti infrastruktur jalan, irigasi, tata ruang yang berkaitan erat dengan pengembangan kawasan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas," tutupnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru