Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Abrasi di Pantai Ujung Pandaran Sampai Rumah Betang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Juni 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Abrasi yang terjadi di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), saat ini sudah mencapai tangga bangunan Rumah Betang.

"Kondisi abrasi saat ini cukup parah, bahkan sudah sampai tangga Rumah Betang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Fajrurrahman, Minggu, 14 Juni 2020. 

Akibat abrasi tersebut, membuat tangga untuk naik Rumah Betang tersebut harus dilepas. Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. 

Guna menghindari abrasi hingga ke tiang bangunan tersebut. Pihaknya sendiri saat ini telah membuat siring di sekitar lokasi. Dengan memasang batu-batu dan juga karung berisi pasar. Hal itu digunakan untuk menahan ombak. 

"Sudah kami buat tanggul. Dengan harapan ombak tidak keras menghantam bagian tiang bangunan tersebut," kata Fajrurrahman. 

Saat ini, pihaknya terus memantau perkembangan kondisi abrasi di Pantai Ujung Pandaran tersebut. Guna menjaga kondisi rumah betang. 

Sementara, abrasi di pantai tersebut sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Sejumlah pemecah ombak juga sudah dipasang. Namun karena pantai itu cukup panjang. Sehingga belum semuanya terpasang. 

Pemerintah juga sudah pernah memasang geobag yang dimasukan pasir. Namun uaya itu belum bisa mengatasi keseluruhan abrasi. Dan hingga saat ini, abrasi semakin meluas di pantai tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru