Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Betang di Pantai Ujung Pandaran Terkena Abrasi akan Dibongkar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Juni 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rumah Betang di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), rencananya akan dibongkar. Akibat abrasi sudah sampai di tangga naik bangunan tersebut. 

"Melihat kondisinya saat ini, rumah betang tersebut akan dibongkar," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Fajrurrahman, Mingu, 14 Juni 2020. 

Pembongkaran tersebut masih belum dilakukan. Karena pihaknya masih mempersiapkan persyaratan sesuai dengan prosedur dan aturan pembongkaran aset pariwisata tersebut. 

"Tentu pembongkaran tersebut harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan berlaku, dan hal itulah yang masih diproses," kata Fajrurrahman. 

Hal tersebut dilakukan oleh pihaknya, karena kondisi abrasi di pantai tersebut semakin parah. Bahkan saat ini sudah mencapai bawah tangga naik rumah betang. 

Sehingga, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bangunan itu akan dibongkar. Meskipun saat ini sudah dibuat siring di sekitar bangunan, guna menahan hantam ombak. 

"Kalau melihat kondisinya seperti itu, memang sudah selayaknya dibongkar," terang Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru