Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Tenaga Kesehatan Puskesmas Trahean Diisolasi di RSUD Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 15 Juni 2020 - 00:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dua Tenaga Kesehatan  di Puskesmas Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara diisolasi ke Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Muara Teweh.

Kedua tenaga kesehatan ini diduga ada kontak erat dengan pasien PDP Ny NT (51) warga Desa Trahean yang sebelumnya hasil rapid test reaktif.

Juru bicara Covid-19 Kabupaten Barito Utara H Siswandoyo, Minggu 14 Juni 2020 membenarkan bahwa ada dua Tenaga Kesehatan (nakes) yang di Puskesmas Trahean terpaksa harus di isolasi ke RSUD Muara Teweh.

Sebelumnya kata, H Siswandoyo, terdeteksinya pasien reaktif RDT atas nama Ny NT (51), dari Trahean yang sempat berobat di Puskesmas Trahean yang mengeluhkan batuk dan demam.

“Terkait hal itu kami langsung melaksanakan laksankan Penyelidikan Epidemiologi (PE), tracking kasus kontak erat kepada keluarga dan kerabat yang pernah kontak dengan yang bersangkutan termasuk tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Trahean,” kata H Siswandoyo.

Dikatakannya, setelah di rapid test semua nakes Trahean 19 orang dan hasilnya dua nakes reaktif. Ke dua orang Nakes ini langsung kita isolasi di Ruang Matahari RSUD Muara Teweh untuk diambil Swab nya dua kali kemarin dan hari ini. “Hari ini juga sampel akan kita kirim ke RSUD Doris Palangka Raya,” kata Siswandoyo.

Terkait hal tersebut Siswandoyo menambahkan untuk mengantisipasi dan keperluan memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19) ini pihaknya menutup sementara operasional Puskesmas Trahean.

“Kita lakukan penyemprotan desinfektan disemua ruangan di Puskesmas Trahean dan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan untuk sementara dialihkan pelayananya ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Trahean dan Pustu Bintang Ninggi dan fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat lainnya,” kata H Siswandoyo. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru