Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

COVID-19, Dokter Bagi Tips Aman Masuk Rumah Usai Bepergian

  • Oleh Teras.id
  • 14 Juni 2020 - 23:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Selalu menjaga kebersihan adalah hal wajib di masa pandemi COVID-19. Dr. Cut Aigia Wulan Safitri menyampaikan beberapa kiat agar masyarakat aman masuk ke dalam rumah tanpa membawa virus corona dari luar.

"Jadi, kalau dari luar rumah, sebaiknya mencuci tangan dahulu," kata Aigia dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Minggu, 14 Juni 2020.

Setelah mencuci tangan dengan sabun, masyarakat diimbau untuk membersihkan barang-barang yang digunakan di luar dengan disinfektan agar virus yang kemungkinan telah menempel pada permukaan barang-barang tersebut lumpuh dan mati. Didasarkan pada beberapa artikel yang telah disampaikan banyak peneliti tentang durasi waktu virus bertahan di permukaan, benda, ia menyampaikan kembali bahwa virus corona baru dapat menempel di permukaan benda berbahan plastik selama 3-5 hari.

Sementara pada permukaan logam atau tembaga, virus tersebut bisa bertahan selama 4-8 jam dan pada karet atau kertas selama sekitar 1 hari.

"Bahkan ada yang bilang 4 hari juga. Kalau karet, menurut yang saya baca, itu sekitar 3 hari. Jadi hampir sama seperti plastik juga," katanya.

Kemudian, setelah membersihkan barang-barang tersebut, masyarakat diimbau untuk melepas dan memasukkan pakaian yang telah dipakai ke tempat cucian dan segera mandi untuk sepenuhnya membersihkan tubuh dari kemungkinan paparan virus tersebut. Bagi warga masyarakat yang tidak berhijab, mereka juga diimbau untuk keramas karena rambut juga dapat terpapar virus berbahaya itu.

Sementara itu, dr. Sheila Taly Salsabila mengatakan selain perlunya membersihkan tubuh dan barang-barang setelah beraktivitas di luar rumah, masyarakat juga disarankan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan menutrisi tubuh dengan asupan makanan yang bergizi seimbang. Kemudian, ia juga mendorong masyarakat untuk tetap produktif di dalam rumah bersama dengan anggota keluarga tercinta.

"Kita bisa melakukan hal-hal baru bersama anak-anak, mengajarkan anak menggambar dan lain sebagainya. Intinya, kualitas bersama keluarga jadi lebih besar," demikian kata Aigia.

TERAS.ID

Berita Terbaru