Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Lawang Tamang Berharap ada Akses Jalan Buat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Oleh Nopri
  • 15 Juni 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Desa Lawang Tamang merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki kekayaan alam yang berupa ritan yang melimpah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Lawang Tamang Pancar S Nyarang saat berada di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Senin 15 Juni 2020.

"Sumber daya kami banyak, akan tetapi belum tergali saja sumber daya kami berupa rotan. Kerajinan rotan kami itu monoton belum ada desainnya seperti yang ada di kota. Hal itu dikarenakan mereka belum ada pengalaman, dulu saya pernah membawa ibu PKK studi banding ke Kabupaten Katingan, lalu ke Pulau Petak di Kabupaten Kapuas dan ke Kabupaten Pulang Pisau," kata Kepala Desa Lawang Tamang Pancar S Nyarang.

Dia mengatakan untuk kerajinan tangan mereka itu membuat hanya untuk diri mereka sendiri saja, karena tempat untuk memasarkan kerajinan mereka tersebut belum ada. Kerajinan tangan yang mereka buat itu seperti rambat, tas, tikar, lawung, dompet, dan sumping.

Dia juga menambahkan salah satu warganya ada yang mahir buat kerajinan dari rotan tersebut, dan itu diakui oleh beberapa konsumen. Dia juga sering berbagi ilmunya kepada masyarakat di desa Lawang Tamang.

"Untuk saat ini terkait pemasaran aja kami yang belum bisa, hal itu dikarenakan belum ada akses jalan darat. Kami hanya menggunakan akses jalur sungai saja, dari desa saya ke sei hanyu dengan menggunakan perahu membutuhkan waktu 4,5 jam," ucapnya.


Dia berharap kepada pemerintah setempat ada akses jalan darat yang bisa tembus ketempat kami, sehingga dengan akses jalan tersebut, meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan harga kebutuhan pokok stabil. Sehingga untuk kuncinya ialah akses jalan darat, yang bisa dijangkau oleh Desa Lawang Tamang. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru