Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kriteria Debitur yang Dapat Diberi Subsidi Bunga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juni 2020 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Anto Prabowo menyebut ada kriteria bagi debitur bank/BPR/PP yang dapat diberi Subsidi Bunga sesuai PP 23 Nomor 2020.

"Subsidi bunga ini bisa diberikan kepada debitur dengan kolektibilitas lancar dan kolektibilitas dalam perhatian khusus pada bank/BPR/PP dihitung per 29 Februari 2020," katanya, Rabu, 17 Juni 2020.

Kemudian target penerima manfaat debitur bank/BPR/PP yang terdampak Covid-19 mencakup debitur yang memiliki kredit UMKM sampai Rp 10 miliar.

Kredit kendaraan bermotor yang digunakan untuk usaha produktif, termasuk ojek online dan atau usaha informal, serta kredit pemilikan rumah sampai dengan tipe 70.

"Syarat lainnya tidak termasuk daftar hitam nasional, khusus untuk debitur dengan pinjaman lebih dari Rp 50 juta, lalu memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau mendaftar untuk mendapatkan NPWP," jelasnya.

Program subsidi bunga pinjaman ini dalam rangka menindaklanjuti Perppu 1 Tahun 2020, Pemerintah telah menerbitkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN dalam menangani dampak pandemi Covid-19.

"Dengan demikian, restrukturisasi kredit memberikan insentif bagi debitur dan bank/BPR/PP, sementara subsidi bunga memberikan insentif bagi debitur," tuturnya.

Program pemberian subsidi bunga ini merupakan inisiatif pemerintah dan OJK siap mendukung serta mengakselerasi implementasinya agar dapat berjalan dengan baik.

Subsidi bunga adalah bagian bunga yang menjadi beban pemerintah sebesar selisih antara tingkat bunga yang diterima oleh penyalur kredit/pembiayaan dengan tingkat bunga yang dibebankan kepada debitur.

"Pengajuan subsidi bunga mencakup beban bunga debitur di Bank/BPR/PP konvensional dan margin di Bank/BPR/PP syariah," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru