Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Jalani Rapid Test Massal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Juni 2020 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Para petugas, dan warga binaan Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas menjalani rapid test massal, Rabu, 17 Juni 2020.

Kegiatan ini diadakan guna mendeteksi dini penyebaran corona virus disease atau Covid-19 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kalimantan Tengah.

Rapid test ini diikuti 57 petugas Rutan dan sekitar 276 warga binaan pemasyarakatan yang dilaksanakan 17 - 18 Juni 2020.

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto mengatakan selama masa pandemik ini berlangsung para warga binaan tidak diizinkan untuk dijenguk oleh keluarga dikarenakan agar mencegah orang dari luar membawa virus tersebut.

“Selama Pandemik ini keluarga dari Warga Binaan kami tidak kami izinkan dibesuk atau menjenguk para warga binaan sudah tentu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Rutan ini," ucapnya.

Toni menambahkan warga binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas melakukan kegiatan yang positif seperti membudidayakan ikan, menanam sayur mayur untuk dipanen dan hasilnya diperuntukan bagi warga binaan itu sendiri.

“Selain itu pun mereka juga biasanya membaca buku diperpustakaan, membuat meubel dan beternak itik, jadi warga sini kami berdayakan untuk kepentingan mereka sendiri, agar tidak jenuh,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Apendi melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Eka Pristalita menyampaikan ini adalah bentuk kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Kapuas terhada warga binaan yang difasilitasi oleh Dinkes.

“Salah satu alasan melakukan rapid tes ini selain merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas ini juga untuk mendeteksi dini, mencegah serta mengendalikan penyebaran Covid-19,” ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru