Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Sinergitas dan Peran Masyarakat Dalam Mencegah Karhutla

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 17 Juni 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Seruyan, diperlukan sinergitas dan peran aktif seluruh masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, disela menghadiri apel Siaga Kebakaran Hutan  dan Lahan di Mapolres Seruyan, Rabu, 17 Juni 2020.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, sinergitas dan peran aktif dari masyarakat untuk bersama melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla, sangat diharapkan. Kelompok masyarakat peduli api yang telah terbentuk juga harus dimaksimalkan.

“Selain unsur pemerintah, TNI dan Polri dalam penanggulangan karhutla,  kita juga memerlukan adanya peran aktif masyarakat, termasuk kalangan dunia usaha untuk saling berkerjasama agar karhutla di daerah kita bisa tertangani dengan baik,” ucapnya.

Terkait pelaksanaan apel siaga karhutla ini, Zuli Eko Prasetyo memberikan apresiasi atas upaya bersama seluruh unsur dalam mencegah terjadinya karhutla di wilayah Seruyan.

“Dengan digelarnya apel ini, tentu sebagai langkah kesiapan kita bersama dalam menangulangi kebakaran hutan dan lahan, termasuk digelarnya seluruh peralatan, adalah bukti  kesiapan pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan instansi terkait dalam mencegah karhutla di Seruyan,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya peralatan yang memadai, penanganan karhutla akan jauh lebih maksimal. Sehingga proses pencegahan dan penanganan dapat lebih cepat dilakukan. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru