Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Sosialisasi Pemulasaraan Jenazah Covid-19

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Juni 2020 - 12:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara mengadakan sosialisasi pemulasaraan jenazah yang diduga terpapar Covid-19, Kamis, 18 Juni 2020 di Gedung Gawi Barinjam. Kegiatan ini untuk menetapkan kesepakatan tempat pemakanan.

"Kegiatan ini kita membahas mulai dari penanganan pasien yang diduga Covid-19, termasuk juga pemulasaraan jenazah dari rumah sakit sampai selesainya penguburan," kata Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi.

Menurutnya agar hal ini bisa dipahami, maka pihaknya mengundang semua RT, lurah, termasuk camat yang nantinya diharapkan kembali disampaikan kepada warga.

"Kita tidak mau seperti daerah lain karena tidak ada pengetahuan, sehingga membuat masyarakat panik, karena tidak menutup kemungkinan di Sukamara pun akan terjadi seperti ini," ujarnya.

Jadi untuk mengantisipasi kepanikan warga bila hal ini terjadi, maka pemerintah daerah perlu melakukan edukasi yang lengkap, mulai dari segi kesehatan, keagamaan, pengamanan dan sebagainya, sehingga masyarakat memahami protokol yang diterapkan dalam pemulasaraan jenazah Covid-19.

"Jadi kita sudah menempatkan kesepakatan dari hasil yang disampaikan tadi bahwa virus ini akan mati 9 jam setelah inangnya mati. Sehingga meninggalnya seseorang yang dicurigai karena Covid-19, maka virus yang ada melekat di dalam tubuhnya itu akan mati," jelasnya.

"Jadi masyarakat jangan takut, kalau melihat anggota TNI yang berpakaian lengkap seperti astronot ini saat memakamkan jenazah," pesannya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru