Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Upayakan Rapid Test untuk Pelajar yang Menuntut Ilmu di Luar Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Juni 2020 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Supian Hadi saat ini sedang mengupayakan menyediakan rapid test gratis untuk para pelajar dan santri yang menuntut ilmu ke luar daerah sebagai upaya meringankan biaya orangtua mereka. 

"Mudah-mudahan dana tersedia, sehingga nantinya rapid test untuk pelajar yang menuntut ilmu ke luar daerah gratis," ujarnya, Kamis, 18 Juni 2020. 

Dia mengatakan beberapa hari lalu sudah ada sekitar 37 orang santri dan pelajar asal Kotim yang mereka fasilitasi melakukan rapid test secara geratis.

Hal itu dilakukan karena mereka melakukan permohonan kepada tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim. 

Setelh itu dikonfirmasi ke tempat sekolah mereka atau pondok pesantren mereka dan memang benar 37 orang tersebut, sudah harus berangkat untuk melaksanakan belakar di luar daerah. 

"Jadi semuanya harus kami pastikan, dan yang di rapid test juga hanya para pelajrnya saja," kata Supian. 

Pihaknya tidak bisa menjamin pelaksanaan rapid test bisa terus dilakukan, namun untuk pelajar akan diupayakan, karena mereka adalah penerus bangsa, dan sudah selayaknya difasilitasi. 

Adapun bagi pengantar, entah itu orang tua, keluarganya, atau karabatnya. Tidak digratiskan, dan mereka bisa melakukan swab secara mandiri di laboratorium swasta.

"Yang kami upayakan hanya pelajarnya. Kalau orang lain yang ingin bepergian, maka bisa melakukan rapid test secara mandiri," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru