Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOP Pengaktifan Kembali Aktivitas Wisata Bakal Disusun Pemkab Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Juni 2020 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tekait rencana diaktifkan kembali aktivitas wisata dan ekonomi kreatif, nantinya bakal dibuat Standar Operational Procedure (SOP) secara global oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) yang menjadi bahan acuan pelaku wisata dan ekonomi kreatif dalam pengelolaan keamanan pencegahan penularan Covid-19 pada bisnis wisatanya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kobar Wahyudi, Kamis, 18 Juni 2020 menjelaskan SOP ini nantinya bakal dituangkan dalam surat edaran bupati yang disampaikan pada pelaku bisnis wisata dan ekonomi kreatif.

"Pada pelaksanaan dilapangan, para pelaku bisnis wisata dan ekonomi kreatif yang akan menjadi regulator pelaksanaan SOP ini pada aktivitas bisnis ynag dilakukannya. Tentunya selalu mengacu pada protokol pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19," jelasnya.

Karena itu Pemkab Kobar menggelar rapat untuk meminta saran dan masukan dari pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif guna merumuskan SOP keamanan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Pastinya bila nanti pengaktifan kembali atau reaktivasi aktivitas pariwisata di Kobar dalam masa new normal sudah berjalan, harus mengacu pada protokol kesehatan sesuai SOP," jelasnya.

Pelaku wisata, Yomie Kamale sangat mengharapkan aktivitas wisata bisa kembali berjalan, namun menurutnya jangan sampai dilakukan secara tergesa-gesa.

"Pastinya kami akan menunggu edaran mengenai SOP pelaksanaan pengaktifan kembali aktivitas wisata, sehingga kegiatan wisata bisa berjalan aman, nyaman dan terhindar dari potensi penularan serta penyebaran Covid-19," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru