Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Berikan Pelayanan Pengukuran Arah Kiblat Masjid di Desa Sei Lunuk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Juni 2020 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas melalui Seksi Bimas Islam tetap memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat di tengah pandemi corona virus disease atau Covid-19.

Seperti yang dilakukan kali ini tetap memenuhi permintaan permohonan ukur arah kiblat Masjid Darussalam, Handel Bakambat, Desa Sei Lunuk, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Ketua Tim Ukur M. Poteran Sosilo yang juga selaku Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kapuas mengatakan permohonan permintaan ukur arah kiblat dan dikonfirmasi dengan panitia pembanguna langsung dibuatkan jadwal pelaksanaan.

"Permintaan layanan ukur kiblat tetap kami penuhi, dengan tetap menggunakan prtokol kesehatan seperti memakai masker dan handsanatizer," ucap Poteran, Kamis, 18 Juni 2020.

Poteran mengatakan berdasarkan hasil pengukuran arah kiblat Masjid Darussalam memiliki titik kordinat arah Azimut kiblat di 292.84, hal ini dipastikan dengan menggunakan metode kompas dan google earth.

"Memastikan arah kiblat tepat menuju Ka`bah Al Mukarramah maka kita gunakan metode manual dan teknologi digital online," katanya.

Karena itu dalam pengukuran ini harus dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian sehingga tidak bergeser karena satu derajat saja selisih maka akan bergeser ratusan kilometer dari Ka`bah.

"Bagi masyarakat yang ingin masjid ataupun langgarnya diukur arah kiblatnya segera buat permohonan ajukan ke Kementerian Agama Kapuas, jangan sampai hanya perdebatan arah kiblat membuat pelaksanaan pembangunan maupun sholat terganggu,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru