Pemkab Kapuas Serahkan Bantuan 3 Jenis Kelengkapan Cegah Covid-19 Untuk Sekolah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Juni 2020 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melalui Dinas Pendidikan menyerahkan bantuan tiga jenis alat kelengkapan dalam upaya pencegahan Covid-19 untuk guru dan peserta didik di sejumlah sekolah yang ada di daerah setempat.

Penyerahan bantuan tahap I ini berupa masker non medis, hand sanitizer, dan termometer infrared, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat kepada perwakilan atau korwil dari TK/RA/PAUD, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Kabupaten pada Kamis siang, 18 Juni 2020.

"Ini program bantuan dari Dinas Pendidikan melalui dana tidak terduga. Disdik memperjuangkan beberapa macam bantuan untuk para guru dan peserta didik," kata Ben usai penyaluran secara simbolis di Aula Dinas Pendidikan Kapuas.

Ben mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai bagian dari upaya penanggulangan Covid-19 dalam memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, terutama akan digunakan bagi guru dan peserta didik, yang saat ini masih menggunakan metode Belajar Dari Rumah (BDR) di tengah pandemi.

"Inikan sudah ada dari keputusan Menteri Pendidikan bahwa anak ini nanti sekolah mulai bulan Januari 2021,tapi bantuan ini tetap kita lakukan dan proses belajar mengajar tetap jalan melalui BDR," ucapnya.


Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Suwarno Muriyat menambahkan bahwa untuk pihaknya sesuai koordinasi dengan Dinkes, Dinsos dan BPBD ini fokusnya kepada tenaga pendidik dan peserta didik dalam pencegahan Covid-19 ini.

"Itu nantinya untuk semua sekolah, jumlah siswa secara keseluruhan berdasarkan Dapodik dan EMIS ini. Itu yang kami ambil," ucap Suwarno.

Adapun untuk tahap pertama bantuan kelengkapan pencegahan covid-19 yang diserahkan sebanyak 400.000 masker non medis, 270.000 hand sanitizier, dan 50 termometer infrared.

"Mekanismenya sudah ada, bagaimana kelengkapan ini dibagi yang mana hari ini baru penyerahan simbolis sebagian ada lima kecamatan. Hari ini sampai besok sudah didistribusi ke Korwil. Jadi, masing-masing korwil itu sudah menerima besok dan selanjutnya informasikan ke kepala sekolah untuk dibagikan ke siswa," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas, Sajarwan, dan perwakilan penerima (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru