Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Utan Berkeliaran di Selatan Perbatasan Kotim - Seruyan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juni 2020 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebuah video yang direkam pengguna jalan memperlihatkan seekor orang utan dewasa berkeliaran di tepi Jalan HM Arsyad, wilayah selatan perbatasan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan. 

Terlihat orang utan tersebut berkeliaran ditepi jalan hingga terlihat oleh warga yang melintas menggunakan mobil yang menegur satwa dilindungi tersebut. Hewan itu kemudian kembali masuk ke hutan. 

Belum diketahui persis lokasi kemunculan orang utan tersebut. Namun dari informasi yang didapat pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, diperkirakan berada di perbatasan antara Desa Ujung Pandaran dan Kabupaten Seruyan. 

"Lokasi pastinya belum kami ketahui, hanya sekadar informasi di sekitar perbatasan Kotim-Seruyan," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Jumat, 19 Juni 2020. 

Ia memperkirakan, kemunculan orang utan itu masuk wilayah Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur. Namun bisa juga lokasi tersebut masih berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. 

Meskipun begitu, sementara ini belum ada laporan dari masyarakat di daerah tersebut terkait kemunculan orang utan. Begitu juga dengan gangguan orang utan. 

"Yang pasti kami mengimbau kepada masyarakat yang bertemu orang utan agar bisa menghindar. Karena takut hewan itu menyerang. Selain itu, jangan lukai dan bunuh mereka karena akan ada sanksi hukum yang menanti," terang Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/m)


Seekor orang utan yang ditemukan saat berada di tepi jalan Sampit-Ujung Pandaran. 

Berita Terbaru