Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Pemerintah Realisasikan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau

  • Oleh Nopri
  • 19 Juni 2020 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah pusat segera merealisasikan program food estate di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kabar ini diperoleh saat jajaran Pemprov Kalteng mengadakan rapat koordinasi dengan Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kamis 18 Juni 2020.

Menko menjelaskan data dasar untuk realisasi program ini yakni dari hasil kunjungan di 2 kabupaten tersebut.

Sehingga pengerjaan tahap awal pihaknya akan berkonsentrasi dengan mata anggaran tahun 2020 yang difokuskan terlebih dulu pada 30.000 hektare dari luas keseluruhan 148.000 hektare.

Sedangkan untuk sisanya akan dianggarkan pada 2021. Sementara itu Menteri LHK Siti Nurbaya mengaku yakin program ini bisa berjalan dengan baik.

Dalam merealisasikan program ini pemerintah akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Kalimantan Tengah, sedangkan kajian AMDAL-nya bekerja sama dengan Kementerian PUPR.

Sementara itu Menteri PUPR Basoeki Hadi Moeljono mengaku optimistis setelah melakukan kunjungan ke Pulpis dan Kapuas pekan lalu.

Dia menyebut dalam 2 tahun ke depan rehabilitasi lahan dan land clearing bisa diselesaikan di 2 kabupaten tersebut.

Basoeki menyebut masalah utama di lapangan adalah irigasi, banjir, dan nutrisi tanah, sehingga harus diperbaiki agar program food estate bisa berhasil. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru