Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BKPM Sebut Bakal Ada Relokasi Industri dari Cina ke RI

  • Oleh Teras.id
  • 19 Juni 2020 - 17:55 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan segera ada investasi yang merupakan relokasi industri dari sejumlah negara.

Dalam webinar bertajuk "Merayu Investor Datang Kembali" di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020, Bahlil mengatakan BKPM telah berkomunikasi dengan para investor dan sudah memastikan relokasi sejumlah investasi.

"Di BKPM sudah ada yang masuk, ada yang 60 persen, ada yang masih penjajakan. Tapi data saya akan berikan saat di-announce (diumumkan) Presiden, karena yang saya kerjakan akan saya laporkan ke Presiden. Habis itu akan saya sampaikan," katanya.

Bahlil mengungkapkan jika sebelumnya pada 2017-2018 tidak ada satu pun investor yang melakukan relokasi industri dari Cina ke Tanah Air, maka kali ini keadaannya akan berbeda.

"Pada 2017-2018 tidak ada satupun investor yang melakukan relokasi dari Cina ke Indonesia, tapi, kali ini insya Allah lebih dari satu, dua, tiga, empat, lebih, insya Allah. Tapi, tunggu Pak Presiden yang akan sampaikan. Kami harus clear-kan dulu datanya," katanya.

Untuk menarik relokasi industri tersebut, Bahlil mengungkapkan akan mengeluarkan sejumlah jurus, salah satunya untuk mengatasi masalah lahan.

Mantan Ketua Umum Hipmi itu mengatakan bila memungkinkan, investor tak perlu membeli lahan untuk bisa berinvestasi di Indonesia melainkan hanya menyewa ke pemilik lahan.

"Sewa atau kerja sama saja. Kita mau bikin seperti Vietnam. Makanya negara hadir untuk beli dulu tanahnya. Atau kita ambil tanah BUMN, kemudian kita kerja samakan dengan perusahaan karya, baru kemudian dikelola oleh kawasan industri sebagai kawasan industri," katanya.

Strategi itu diharapkan bisa menjadi solusi atas tingginya harga lahan di Tanah Air untuk kebutuhan investasi.

Selain itu, jurus lain yang disiapkan adalah pemberian insentif seperti arahan Presiden Jokowi agar ada insentif yang benar-benar membuat investor datang.  "Ketiga, itu rahasia. Kalau semua saya ungkap nanti bocor marketing negara," katanya.

Sebelumnya, Indonesia tengah mengincar peluang relokasi investasi sejumlah industri dari Cina . Pemerintah pun siap memfasilitasi dengan menawarkan ketersediaan kawasan industri yang terintegrasi.

Berita Terbaru