Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debitur Harus Lakukan ini Jika Ingin Dapatkan Subsidi Bunga Pinjaman

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Juni 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Anto Prabowo mengatakan bahwa setiap pihak yang terkait dengan proses pemberian subsidi bunga bagi debitur memiliki perannya masing-masing. Ada hal-hal yang harus dilakukan debitur jika ingin mendapatkan subsidi bunga pinjaman.

"Ada pihak-pihak yang terkait dalam proses subsidi bunga yakni Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan sebagai otoritas pengawasan lembaga jasa keuangan, KPA Penyaluran, Penyalur, serta debitur yang memenuhi syarat. Setiap lembaga memiliki perannya masing-masing," kata Anto pada Senin, 22 Juni 2020.

Pertama, tugas debitur yakni melakukan registrasi fasilitas subsidi bunga melalui web portal SIKP Kementerian Keuangan.

"Kedua, debitur harus meminta informasi dari bank, BPR, atau Perusahaan Pembiayaan bahwa yang bersangkutan memperoleh subsidi bunga melalui pemotongan kewajiban bunga oleh bank, BPR, atau PP sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah," jelas Anto lagi.

Selanjutnya, tutur Anto, setiap pihak lainnya akan melakukan perannya hingga didapatkan keputusan apakah debitur tersebut layak untuk mendapatkan subsidi bunga atau tidak.

"Jadi harus debitur yang mengajukan dulu, baru prosesnya dilanjutkan sesuai peran dari pihak-pihak yang terkait," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru