Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aplikasi Android Si Cantik akan Mudahkan pengguna jasa SKIPM Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Juni 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atau SKIPM Palangka Raya, Iromo mengatakan aplikasi android Si Cantik yang lolos dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau KIPP 2020 bertujuan memudahkan pengguna jasa dalam mengakses segala jenis pelayanan.

"Si Cantik yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Cermat, Akuntabel dan Simpatik pada SKIPM Palangka Raya ini untuk memudahkan stakeholder dan pengguna jasa SKIPM Palangka Raya," kata Iromo kepada Borneonews, Senin, 22 Juni 2020.

Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah 153.000 Km persegi lebih luas dari pulau Jawa dengan 4 sungai besar memiliki potensi perikanan yang besar.

"Proses sertifikasi karantina ikan dan mutu hasil perikanan sebelumnya menggunakan sistem permohonan manual dan pemeriksaan sampel memerlukan waktu yang lama dan biaya yang banyak bisa dipangkas dengan aplikasi ini," jelasnya.

Biasanya karena lokasi pengusaha berdomisili jauh dari kantor Stasiun KIPM Palangka Raya maupun wilayah kerja di Sampit dan Pangkalan Bun memberatkan para pengusaha ikan dalam pengurusan di Palangka Raya.

"Sistem ini terintegrasi dengan PPK online, Sisterkaroline, Sistem  CKIB online, sistem CPIB dan aplikasi Simfoni atau e-billing PNBP sehingga memudahkan pengguna jasa maupun stakeholder karantina ikan dan mutu hasil perikanan untuk mengurus perizinan sertifikasi dari mulai permohonan pemeriksaan karantina sampai dengan pembayaran PNBP  hanya melalui HP android," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru