Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manggala Agni Bersama TNI Polri Patroli Cegah Karhutla dan Corona

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juni 2020 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Manggala Agni Daops Kalimantan III Pangkalan Bun, bersama TNI Polri dan masyarakat peduli api (MPA) melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin, 22 Juni 2020.

Dalam patroli terpadu pencegahan Karhutla kali ini bukan hanya membawa misi pencegahan Karhutla saja, sosialisasi dan edukasi secara langsung kepada masyarakat untuk turut serta menghalau dan memutus penyebaran mata rantai dari Covid-19.

Kepala Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni Kalimantan III Pangkalan Bun, Binsar Oktavianus Togatorop mengatakan selama 1 bulan tim patroli terpadu akan berpatroli di 7 desa sasaran, dan 14 desa jangkauan yang berbeda di 5 kabupaten wilayah kerja Manggala Agni Daops Kalimantan III Pangkalan Bun terhitung dari 22 Juni - 21 Juli 2020.

"Meski saat ini prediksi dan prakiraan cuaca mengatakan curah hujan yang turun relatif normal dan puncak Kemarau berada pada Juli-Agustus. Namun potensi terjadinya Karhutla masih sangat mungkin terjadi di wilayah Kalimantan Tengah dan Kobar khususnya," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Pencegahan Manggala Agni Daops Kalimantan III Pangkalan Bun, Naoval Aqly menyampaikan setiap hari tim akan patroli ke desa sasaran dan jangkauan.

Mereka melakukan inventarisasi dan pengecekan lapangan, serta memetakan baik fisik maupun permasalahan dalam bidang pengendalian Karhutla di desa.

"Tujuan patroli untuk mendeteksi sedini mungkin kejadian Karhutla, sehingga kita dapat meminimalisasi potensi terjadinya Karhutla dan membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat, yang mana masker kain ini adalah hasil dari olahan tangan Manggala Agni Daops Kalimantan III/PangkalanBun," imbuhnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru