Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Banjir di Desa Nibung Terjun Akibat Sungai Belrum Normalisasi

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Juni 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Banjir yang melanda Desa Nibung Terjun, Kecamatan Permata Kecubung, disebabkan luapan air sungai yang belum dilakukan normalisasi. Saat terjadi hujan deras nembuat air meluap dan merendam rumah warga.

"Jadi sekitar satu kilo dari Desa Nibung Terjun itu ada sungai yang belum terlalu dinormalisasi. Sebenarnya desa ini diatas permukaan laut, cukup tinggi," kata Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi, di Sukamara, Senin, 22 Juni 2020.

Menurut dia, dari sungai tersebut ada beberapa kanal yang mudah tersumbat apabila intensitas hujan cukup tinggi. Ini menyebabkan wilayah tersebut mudah terjadi banjir.

"Oleh sebab itu, dengan derasnya hujan kemarin, akhirnya ada sekitar 9 rumah berdampak. Ttetapi dalam waktu cepat juga,  sekitar 3 jam atau 4 jam ketinggian air langsung turun," ujarnya.

"Ini memang hampir setiap tahun terjadi, tetapi baru tahun ini yang sampai merendam rumah warga," tambah Ahmadi.

Dengan musobah tersebut, pihaknya sudah melakukan pengecekan di lapangan. Kondisi masyarakat baik-baik saja serta tidak ada korban jiwa.

"Bersama camat,  petugas kesehatan, Pj kadesnya sudah melakukan langkah-langkah untuk membatu warga," jelasnya.

Diketahui, akibat luapan air sungai yang terjadi pada Sabtu pukul 21.00 Wib, sebanyak 11 KK terdampak, dan ketinggian air yang merendam rumah mencapai 100 sentimeter. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru